Entri Populer

Minggu, 16 Oktober 2011

PERBEDAAN ANTARA HIPERTROPY DAN HIPERPLASIA


Perbedaan antara hipertrophy dan hiperplasia adalah:
  1. Hipertrophy adalah meningkatnya ukuran dari sel sehingga merubah ukuran dari organ.contohnya hipertrophy ventrikel kiri.
  2. Hiperplasia adalah meningkatnya jumlah sel sehingga murubah ukuran dari organ,contohnya pembesaran dari epithelium sel mamae pada anak remaja putri atau pada ibu hamil.
(Pringgoutomo,2002)
h. Pada gambar yang ditunjukan yaitu hipertrphy ventrikel bisa terjadi pada seseorang yang menderita hipertensi yng tidak tertanggulangi sehingga beban jantung khususnya bagian ventrikel kiri bekerja lebih keras sehingga bagian sel –sel miocardim ventrikel kiri mengalami hipertropi.
i. Dampak pada pasien dengan hipertrphy ventrikel yaitu bisa menyebabkan gagal jantung karena jantung tidak mmampu memompa secara maksimal.
j. Hiperplasia bisa terjadi patologis maupun fisiologis (robbins,kumar.2007)
Penyebab jejas adalah
k. Kurang oksigen dan nutrisi (hipoksia)
l. Infeksi
m. Respon immun
n. Bahan kimia
o. Faktor fisik
Berdasarkan tingkat kerusakannya jejas dikatagorikan :
p. Reversible cell injuri(degeneration)
q. Irreversible cell injuri (cell death) Sumber (robbin,kumar.2007)
Mekanisme yang mendasari mola adalah
r. effect osmotik,ada juga yang mengatakan degenerati hidropik (http://ksuheimi.blogspot.com/2008/06/mola-hidatidosa.html)
Secara makroskopik terlihat gelembung-gelembung bening berisi cairan jernih dengan ukuranbervariasi dari beberapa milimeteri sampai satu atau dua sentimeter. Sedangkan secara mikroskopik /histo Histopatologik terlihatedema stroma villi,tdk terdapat vaskularisasi,prolifersi sel-sel tropoblast.
t. Apoptosis adalah terjadi akibat program “bunuh diri” sel yang dikontrol secara internal,setelah sel mati yang disingkirkan dengan gangguan minimaldari jaringan sekitar. (Robbins,kumar.2007)
u. perbedaan nekrosis koagulativa dan liquefactive adalah
Nekrosis koagulativ yaitu nekrosis yang ditandai dengan pembengkakan,mengeras dan pucat. Terjadi denaturasi protein plasma,dan pemecahan oraganel sel.
Nekrotik liquefactif adalah nekrosis yang mengalami penghancuran jaringan menjadi basah.Biasanya terjadi karena terinfeksi bakterial sehingga menyebabkan terakumulasinya sel darah putih. (Robbins,Kumar.2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar